WAJAN MENGHITAM? CARA AMPUH MENGHILANGKAN KERAK PADA WAJAN

Hilangkan Kerak Hitam di Wajan dengan Bahan Dapur - Berkeluarga

Sebagai ibu rumah tangga pastinya sudah tak heran lagi jika wajan atau tempat penggorengan nya terdapat kerak yang berwarna hitam. Sehingga hal ini membuat para ibu rumah tangga kesal dengan wajan tersebut. Biasanya para ibu rumah tangga ini tak segan-segan membuang nya. Hal ini juga jika tempat memasak tersebut sudah tak layak pakai akan mempengaruhi kualitasnya serta juga dapat mengkontaminasi makanan yang dimasak. Namun penyebab kerak hitam pada wajan ini memang karena penggunaan api kompor terlalu besar sehingga timbullah kerak hitam ini. Sehingga saat dibersihkan memang sulit walaupun sudah berulang-ulang di cuci. Tetap saja kerak hitam ini masih menempel pada wajan.

Bahan Dapur Dapat Bermanfaat Untuk Menghilangkan Kerak Pada Wajan

Kerak pada wajan ini memang sangat mengganggu dan juga akan berpengaruh pada makanan yang dimasak. Perlu diketahui, wajar saja jika wajan ini memiliki kerak hitam pada bagian bawahnya karena para ibu-ibu menggunakan api yang terlalu besar sehingga menyebabkan wajan atau tempat penggorengan nya cepat gosong. Kerak hitam pada wajan tersebut memiliki kandungan senyawa akrilamida. Jika dipanaskan terus menerus akan berubah menjadi karsinogenik. Sehingga jika kita mengonsumsi makanan dari wajan yang berkerak hitam tadi maka akan mengakibatkan resiko terkena kanker. Nah, hal ini tentunya akan membuat anda harus rajin membersihkannya karena sangat berpengaruh sekali terhadap makanan yang diolah tersebut. Untuk mencegahnya, maka dapat menggunakan bahan dapur yang tentunya juga dapat ditemukan di sekitar lingkungan. Yuk, simak bahan dapur yang dapat menghilangkan kerak hitam pada wajan;

  • Cuka

Selain untuk penyedap rasa, ternyata cairan cuka ini dapat membantu menghilangkan kerak hitam pada wajan. Zat asam asetat dalam cuka ini dapat mengangkat kerak hitam pada wajan. Nah, dalam menggunakan nya sangat mudah. Pertama, taruh cairan cuka ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan cairan cuka ini ke bagian bawah wajan yang berkerak hitam. Tunggu hingga 10 menit agar cairan cuka tersebut dapat bekerja secara optimal. Jika kerak tersebut sudah lunak, anda dapat menggosok nya menggunakan sikat atau wol baja.  Lalu bersihkan dengan sabun cuci piring kemudian bilas air bersih.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis memang banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, panaskan air ke dalam tempat yang seukuran wajan. Kemudian ambil sabun cuci piring secukupnya dan potongan jeruk nipis. Aduk terlebih dahulu kemudian ambil wajan yang berkerak hitam masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi campuran tersebut. Tunggu beberapa jam atau semalaman, sebenarnya tergantung tebal tipis si kerak pada wajan anda.

  • Baking soda dan air

Baking soda merupakan bahan kue, tetapi baking soda ini dapat membersihkan kerak pada wajan atau alat dapur lainnya. Cara menggunakannya mudah, pertama campur baking soda dengan air kemudian oleskan campuran tersebut pada bagian wajan yang berkerak dan diamkan hingga beberapa jam agar hasilnya maksimal. Kemudian barulah di cuci menggunakan sabun cuci piring kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  • Minyak sayur

Minyak sayur dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kerak wajan. Pertama minyak sayur dipanaskan kemudian oleskan pada wajan yang berkerak. Diamkan beberapa jam. Kemudian bilas menggunakan sabun cuci piring dan bilas dengan air.

Nah, itulah tips menghilangkan kerak hitam pada wajan. Selamat mencoba!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close