REKOMENDASI KAMERA ANALOG UNTUK PARA PEMULA

Pasti anda sudah banyak yang tau bukan tentang kamera yang satu ini. Meskipun kemajuan teknologi salah satunya pada bidang kamera atau fotografi sudah berkembang dengan pesat. Namun nyatanya kamera analog masih menjadi primadona untuk kegiatan fotografi dan akhir akhir ini malah kembali menjadi trend. Kamera analog sendiri adalah kamera yang menggunakan media roll film untuk melakukan proses pemotretannya dan tidak menghasilkan gambar dalam bentuk digital. Bisa dibilang kamera analog adalah kamera yang masih manual untuk proses pemotretannya. Untuk dapat membuat gambar yang dipotret dari kamera analog menghasilkan gambar dengan bentuk digital maka harus melalui proses lagi bernama cuci film atau develop. Sekarang masih banyak tempat cuci film atau develop yang masih bertahan di beberapa kota di daerah. Banyak alasan mengapa kamera analog saat ini malah semakin banyak diminati dan digandrungi. Kamera analog dapat memberikan hasil yang lebih terkesan jadul dan vintage yang sangat keren dan memang sedang hits akhir-akhir ini. Dengan menggunakan kamera analog juga membuat kita lebih paham dan teliti dengan cara kerja kamera. Hal ini dikarenakan bahwa kamera analog tidak seperti kamera DSLR atau kamera mirrorless yang settingannya sudah otomatis. Kamera Analog ini adalah kamera manual yang mengharuskan kita mengotak atik sendiri tools tools kameranya. Sehingga memotret dengan menggunakan kamera analog lebih memerlukan feeling dan insting yang kuat. Hal yang membuat kamera analog semakin banyak digandrungi oleh remaja adalah karena kamera analog memiliki body yang estetik dan terkesan trendy. Sehingga kamera vintage bisa juga digunakan untuk aksesoris dalam ootd anda. Bagi anda yang ingin memulai menggunakan kamera analog,namun masih bingung tentang merk kamera analog apa yang bagus. Maka kami akan memberikan rekomendasi merk–merk kamera analog yang terbaik untuk pemula. Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini:

  • Yashica FX Super 2000

Dari namanya yang “super”  pasti sudah bisa ditebak bahwa kamera ini merupakan pembaharuan atau pengembangan dari versi sebelumnya. Yashica FX Super 2000 ini merupakan kamera analog yang diproduksi pada tahun 1986. Untuk spesifikasinya kamera ini dibekali dengan shutter speed hingga 1 / 2.000 detik. Kamera ini juga dilengkapi dengan light meter dengan dua baterai LR44. Kamera analog ini dibandrol dengan rentang harga 210.000 sampai 300.000.

  • NIKON FM 10

Merupakan kamera Center Weighted Metering dengan Shutter Speed hingga 1/2000. Hasil potret dari kamera Nikon ini sangat tajam. Sangat cocok untuk kamu yang ingin memotret dengan hasil yang jernih dengan kamera analog. Keunggulan lainnya dari kamera ini adalah bodinya. Bobotnya enteng, jadi mudah dibawa kemana saja. Kamera ini dijual dengan rentang harga antara 1 sampai 2,5 juta. 

  • Olympus Mjuii

Olympus Mjuii bisa jadi pilihan utama bagi kamu cari kamera yang nyaman digunakan. Hasil foto street photography ini sangat memuaskan sehingga sangat nyaman digunakan. Namun, kelemahannya terletak pada Shutter Speed yang sudah diatur secara otomatis, sehingga kamu harus menggunakan film dengan minimal iso 400. Hal ini agar mendapatkan gambar dof dengan hasil filter yang terkesan vintage dan lebih sempurna. Kamera ini dijual dengan harga antara 450 ribu sampai 550 ribu rupiah. 

Nah itulah beberapa rekomendasi merk merk kamera analog yang bisa anda pilih. Semoga dapat membantu anda dan semoga bermanfaat.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close